Perancangan Form Data Master Barang

Sesudah kita sedikit “mengutak-atik” Form Utama (frmUtama) pada tutorial sebelumnya, sekarang kita akan mulai membuat form Data Master Barang. Pertama-tama, tambahkan sebuah form pada Project Penjualan yang sudah kita buat. Caranya adalah dengan mengklik menu Project pada menubar Visual Basic 6.0,
01 - Menubar VBdan dilanjutkan dengan memilih “Add Form”, pada submenu yang ada.
02 - Sub Menu Project
Setelah itu, akan muncul sebuah kotak dialog “Add Form”.
03 - Add FormPilih “Form” , dan klik tombol “Open”, untuk menambah sebuah form kosong pada Project kita.
04 - Blank FormForm ini akan menjadi form Data Master Barang kita. Jadi, kita akan ubah dulu property-nya. Adapun property yang diubah adalah sebagai berikut:
No. Nama Property Nilai Awal Ubah Menjadi
1. Name Form1 frmBarang
2. BorderStyle 2 – Sizeable 1 – Fixed Single
3. Caption Form1 Data Master Barang
4. StartUpPosition 3 – WIndows Default 2 – Center Screen

Sudah tahu kan caranya? Belum? Ah! Masa sudah lupa. Ya sudah, kalau begitu, beralihlah pada jendela properties, yang berada di sebelah kanan dari IDE Visual Basic 6.0. ini.
05 - Jendela Property
Carilah item-item property yang akan diubah nilainya, dan ubah nilainya menjadi seperti tabel di atas.

Setelah selesai, pada form kosong tersebut, tambahkan beberapa kontrol (dari toolbox) sebagai berikut:

No.
Nama Kontrol Yg Ditambahkan
Icon
Nama Semula
Ubah Menjadi
Caption /Text Semula
Ubah Menjadi
1. Label Icon Label Label1 lblKodeBarang Label1 Kode Barang
2. Textbox Icon Textbox Text1 txtKodeBarang Text1 -
3. Label Icon Label Label1 lblNamaBarang Label1 Nama Barang
4. Textbox Icon Textbox Text1 txtNamaBarang Text1 -
5. CommandButton Icon CommandButton Command1 cmdTambah Command1 Tambah
6. CommandButton Icon CommandButton Command1 cmdEdit Command1 Edit
7. CommandButton Icon CommandButton Command1 cmdBatal Command1 Batal
8. CommandButton Icon CommandButton Command1 cmdHapus Command1 Hapus
9. CommandButton Icon CommandButton Command1 cmdSelesai Command1 Selesai

Caranya adalah dengan mengklik icon-icon sesuai tabel di atas, dan “melukisnya”  di dalam form Data Master Barang tadi (drag).
08 - Toolbox
Tampilan awalnya, kira-kira akan menjadi seperti di bawah ini:
06 - Form Barang (Belum Lengkap)
Lho, kok di bagian bawah tombol-tombol (CommandButton) itu ada bagian yang kosong? Iya, karena di situ akan kita tambahkan sebuah kontrol DataBoundGrid, untuk menampilkan data-data Master Barang yang nantinya akan diinput atau dimasukkan. Namun karena secara default, Visual Basic belum menambahkannya ke dalam Toolbox yang ada, maka kita harus menambahkannya secara manual. Caranya adalah dengan mengklik menu Project,
01 - Menubar VBdan pilih “Components… Ctrl+T” pada submenu yang muncul.
07 - Sub Menu Project (tambah Component)
Pada kotak dialog “Components” yang muncul, carilah kontrol “Microsoft Data Bound Grid Control 5.0 (SP3)”, kemudian kliklah checkbox di sebelah kirinya, klik tombol “Apply”, lalu klik juga tombol “OK”.
09 - Components ListSetelah itu, terlihat bahwa toolbox kita sudah bertambah satu kontrol lagi, yaitu kontrol DBGrid. Iconnya seperti ini: Icon DataBoundGrid 
Toolbox semula
Menjadi
08 - Toolbox 10 - Toolbox2
Nah, kontrol tersebut akan kita tambahkan pada form tadi. Caranya sama dengan kontrol-kontrol yang lain, yaitu dengan cara mengklik icon kontrol DBGrid, kemudian menggambarnya di atas form, tepat di bawah deretan tombol yang sudah ada sebelumnya. Tampilannya akan menjadi seperti berikut ini:
11 - Form Barang 2Sudah? Belum dong. Kita masih harus mengubah property-nya. Tapi sebelum itu (hampir lupa), tambahkan dulu kontrol Data dari Toolbox VB6. Iconnya seperti ini: Icon Data .

Tampilannya akan menjadi seperti berikut ini:
12 - Form Barang 3
Selanjutnya ubah dulu property “Name” dari kontrol Data ini, menjadi datBarang, dan property Caption menjadi kosong (tidak usah diisi). Kemudian, masih pada jendela property, kliklah icon Icon Browse.
13 - Property DatabaseName

Kemudian, pada kotak dialog DatabaseName yang muncul, pilihlah database Penjualan yang sebelumnya sudah kita buat.
14 - Pilih Penjualan.mdb dari daftar
 
Lalu, kembali pada jendela property, turunkan kursor mouse Anda ke arah bawah, dan ubah property RecordSource-nya menjadi Barang (Anda dapat memilihnya dari combobox yang tersedia).
15 - Pilih RecordSource BarangIngat, nilai-nilai atau nama-nama tabel yang ada pada combobox RecordSource itu hanya akan muncul, jika Anda sudah menambahkan database Penjualan, pada kontrol Data, seperti langkah di atas.

Nah, karena kita sudah memilih tabel Barang pada kontrol Data, selanjutnya kita akan mengkaitkannya dengan tombol DBGrid atau DataBoundGrid yang sebelumnya juga sudah kita tambahkan. Caranya, klik kontrol DBGrid tersebut, kemudian pada item DataSource, pilihlah datBarang dari daftar yang ada.
16 - Pilih datBarang Untuk Kontrol DBGrid Sehingga tampilannya akan menjadi seperti ini:
17 - datBarang Sudah Terpilih
Selanjutnya, pada kontrol DBGrid yang ada pada Form, lakukan klik kanan, dan pada popup menu yang muncul, pilihlah Retrieve Fields.
18 - Klik Kanan Di DBGrid
Tampilannya akan menjadi seperti ini:
19 - Form Barang 4
Terlihat di situ bahwa field Kode_Barang, Nama_Barang dan field Harga sudah ditambahkan atau muncul pada DBGrid tadi. Nah, sebelum lupa, ubah juga property Name dari DBGRid ini, dari DBGrid1 menjadi dbgBarang.

Langkah selanjutnya adalah menuliskan kode program atau script, agar kontrol-kontrol yang kita tambahkan tadi, bisa berfungsi dan form ini juga dapat digunakan sebagai Form Data Master Barang.

Kita akan membahasnya pada tutorial berikutnya, yaitu Membuat Program Penjualan Dengan Visual Basic 6.0
 
Back to Top