Membuat Database

Setelah kita melakukan “persiapan” pada Membuat Program Penjualan Dengan Visual Basic 6.0  sekarang kita akan membuat database untuk program tersebut. Langsung saja, pada layar IDE Visual Basic 6.0, klik menu “Add-Ins”, dan pilih submenu “Visual Data Manager”.
01 - Sub Menu Add-Ins
Sesaat kemudian akan muncul halaman Visual Data Manager alias VisData.

02 - Layar VisData 
Di sinilah kita akan membuat database dan seluruh tabel-tabel yang diperlukan. Sekarang, kliklah menu “File”, kemudian pilih submenu “New”, lalu pilih “Microsoft Acces”, dan pilih lagi “Version 7.0 MDB…”.
03 - Menu Create DB
Akan ada kotak dialog yang muncul, yang akan menanyakan di mana kita akan menyuimpan database ini. Pindahkan lokasi ke folder yang tadi kita buat, yaitu pada folder “c:\Penjualan”, kemudian isikan “Penjualan” (tanpa tanda kutip) pada kotak isian “File name:” yang ada, dan klik tombol “Save”.
04 - SaveDB
dan kita akan dikembalikan pada halaman awal VisData. Bedanya dengan yang tadi adalah bahwa sekarang sudah ada dua jendela yang tersedia, yaitu jendela “Database Windows” di sebelah kiri dan jendela “SQL Statement” di sebelah kanan.
05 - Lauar VisData 2
Database sudah terbentuk, namun tabel-tabel yang diperlukan belum ada. Jadi hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah membuat tabel-tabel tersebut, yaitu:
  • Tabel Master Barang
  • Tabel Transaksi Penjualan
  • Tabel Transaksi Penjualan Detail
  • Tabel Temporar
Adapun detail dari masing-masing tabel tersebut adalah sebagai berikut:
1. Tabel Master Barang
No. Nama Field Jenis Panjang Keterangan
1. Kode_Barang Text 5 Primary Index
2. Nama_Barang Text 30  
3. Harga Double    
 
 
2. Tabel Transaksi Penjualan
No. Nama Field Jenis Panjang Keterangan
1. No_Faktur Text 10 Primary Index
2. Tanggal Date/Time    
3. Keterangan Text 30  
 
3. Tabel Transaksi Penjualan_Detail
No. Nama Field Jenis Panjang Keterangan
1. No_Faktur Text 10  
2. Kode_Barang Text 5  
3. Jumlah Single    
 
4. Tabel Temporar
No. Nama Field Jenis Panjang Keterangan
1. Kode_Barang Text 5  
2. Nama_Barang Text 30  
3. Jumlah Single    
 
Sekarang, kita akan mulai membuat tabel pertama, yaitu tabel master Barang. Sudah tahu kan struktur tabelnya? Nah, coba klik kanan pada jendela “Database Window”, lalu pada popup menu yang muncul, pilihlah “New Table”.
06 - New Table
Setelah itu akan tampil kotak dialog Table Structure. Di sini kita akan mulai menambahkan field-field yang diperlukan.
07 - CreateTable Dialog
Jadi, kliklah tombol “Add Field”, sehingga akan muncul kotak dialog “Add Field”.
08 Add Field
Pada kotak isian “Name:”, isilah dengan “Kode_Barang” (tanpa tanda kutip ya), lalu pada combobox “Type:”, pilih “Text”. Secara default, combobox tersebut akan tersorot pada pilihan “Text”, jadi Anda bisa saja langsung mengisikan ukuran field-nya, pada kotak isian “Size:”. Isikan dengan angka “5” (juga tanpa tanda kutip smile_wink). Setelah itu, Anda dapat mengklik tombol “OK”, untuk menambahkan field tersebut pada struktur yang akan kita buat.
Langkah selanjutnya, tentu saja adalah dengan cara menambahkan field-field lain seperti field Nama_Barang dan Harga. Perhatikan ukurannya ya. Dan, untuk field Harga, jangan lupa untuk memilih type field-nya dengan “Double”, sesuai dengan struktur yang ada di atas.
Jika ketiga field tersebut sudah dimasukkan, yaitu Kode_Barang, Nama_Barang, dan Harga, silahkan klik tombol Close untuk menutup kotak dialog ini, dan kembali pada kotak dialog sebelumnya, yaitu Table Structure.
09 - Table Structure - Barang Di situ terlihat bahwa field-field yang tadi kita tambahkan, sudah ada pada daftar. Lalu, apakah tabelnya sudah jadi? Belum, saudara-saudara. Kita harus membentuknya secara fisik. Jadi, silahkan klik tombol “Build the Table”. Setelah itu, klik-lah tombol “Close”, untuk menutup kotak dialog ini dan kembali ke jendela Database Window.
10 - Database Window - Sudah Ada Tabel Barang
Terlihat di situ, sudah ada tabel Barang yang tadi kita buat. Selanjutnya, buatlah tabel-tabel berikutnya, yaitu tabel Penjualan, tabel Penjualan_Detail dan tabel Temporar. Caranya? Ah! Pasti Anda sudah tahu dong. Kan tinggal mengulangi langkah-langkah di atas. Tidak sulit kok, dan bila sudah terbiasa, akan merupakan pekerjaan yang menyenangkan bagi Anda smile_wink. Nantinya, kalau sudah lengkap, jendela “Database Window” akan tampil seperti tampilan di bawah ini:
11 - Database Window - LengkapSelanjutnya, kita akan mulai membuat form-form yang diperlukan. Jadi, tutuplah aplikasi VisData alias Visual Data Manager ini, dan kita akan bertemu lagi pada tutorial selanjutnya, yaitu  Membuat Program Penjualan Dengan Visual Basic 6.0 (Tutorial – Bagian 3 – Perancangan Form)”.
 
Back to Top