Perancangan Form Program Penjualan Dengan Visual Basic 6.0

Pembuatan Database sudah, sekarang waktunya perancangan form. Dulu, waktu pertama kali belajar (sampe sekarang juga masih sih smile_tongue) bikin program pakai Visual Basic, bagian ini yang jadi favorit saya: perancangan form smile_teeth. Langsung saja ya. Setelah kita sebelumnya kita membuat database dengan aplikasi VisData, dan menutup aplikasi tersebut,
maka kita akan dikembalikan pada layar IDE (Integrated Development Editor) Visual Basic 6.0.
19 - Project Saved
Kita sudah punya satu form di situ, yaitu frmUtama. Sesuai dengan namanya, form ini akan kita jadikan sebagai form utama. Maksudnya, melalui form inilah, kita akan dapat memanggil form-form lainnya yang nanti akan kita buat. Sebagai awal, kita akan menempatkan satu set menu pada form ini. Untuk itu, klik icon ke tiga pada toolbox IDE Visual Basic. Icon apa itu? Jelas icon Menu Editor dong, hehe.
01 - Toolbar VB
Nah, setelah Anda mengklik icon “Menu Editor” tersebut, maka akan tampil kotak dialog Menu Editor (ya iyalah smile_wink).
02 - Menu Editor Langsung ya. Pada kotak isian “Caption:”, isilah dengan “&Master”, lalu pada kotak isian “Name:”, isi dengan “mnuMaster”. Setelah itu, tekan tombol Enter, atau bisa juga mengklik tombol “Next” pada layar kotak dialog menu editor ini.
03 - Menu Editor - mnuMaster Setelah kotak isian “Caption:” dan “Name:” kosong kembali, klik-lah tombol panah kanan yang berada di bagian tengah kiri dari kotak dialog menu editor ini.
04b - Menu Editor - Right Arrow 04 - Menu Editor - Right Arrow
Setelah itu, terlihat adanya 4 (empat) titik pada menulist di bawah. Itu artinya, menu yang kita buat selanjutnya, akan menjadi submenu. Karena kita akan membuat menu Barang, maka itu artinya menu Barang tersebut akan menjadi submenu atau bagian dari menu Master. Jelas ya? Ok, langsung saja kalau begitu. Pada kolom Caption, isilah dengan &Barang, dan pada kolom Name, isilah dengan mnuBarang, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda, atau bisa juga dengan mengklik tombol Next pada kotak dialog Menu Editor ini.
05 - Menu Editor - mnuBarang Selanjutnya, karena kita akan kembali membuat menu (bukan submenu) untuk Transaksi, maka kita harus mengembalikan posisinya seperti semula dulu. Untuk itu, klik tombol panah kiri (left-arrow) pada kotak dialog Menu Editor ini.
04b - Menu Editor - Right Arrow 06 - Menu Editor - Left Arrow
Setelah itu, pada kolom Caption, isilah dengan &Transaksi, dan pada kolom Name, isilah dengan mnuTransaksi, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda, atau bisa juga dengan mengklik tombol Next pada kotak dialog Menu Editor ini.
07 - Menu Editor - mnuTransaksi Setelah itu, karena kita akan membuat submenu Penjualan, maka klik lagi tombol panah kanan (right-arrow) pada jendela Menu Editor ini.
04b - Menu Editor - Right Arrow 04 - Menu Editor - Right Arrow
Sudah? Nah, pada kolom Caption, isilah dengan &Penjualan, dan pada kolom Name, isilah dengan mnuPenjualan, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda, atau bisa juga dengan mengklik tombol Next pada kotak dialog Menu Editor ini.
08 - Menu Editor - mnuPenjualan
Selanjutnya, lagi-lagi kita harus mengembalikan posisi menu ke semula, karena kita akan membuat menu, dan bukan submenu. Jadi, klik lagi tombol panah kiri (left-arrow) pada jendela Menu Editor ini.
04b - Menu Editor - Right Arrow 06 - Menu Editor - Left Arrow
Kemudian pada kolom Caption, isilah dengan &Laporan, dan pada kolom Name, isilah dengan mnuLaporan, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda, atau bisa juga dengan mengklik tombol Next pada kotak dialog Menu Editor ini.
09 - Menu Editor - mnuLaporan
Setelah itu, karena kita akan membuat submenu Laporan Penjualan Harian, Laporan Penjualan Mingguan dan Laporan Penjualan Bulanan, maka klik lagi tombol panah kanan (right-arrow) pada jendela Menu Editor ini.
04b - Menu Editor - Right Arrow 04 - Menu Editor - Right Arrow
Jika sudah, maka pada kolom Caption, isilah dengan &Laporan Penjualan Harian, dan pada kolom Name, isilah dengan mnuLaporanPenjualanHarian, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda, atau bisa juga dengan mengklik tombol Next pada kotak dialog Menu Editor ini.
10 - Menu Editor - mnuLaporanPenjualanHarianSelanjutnya, pada kolom Caption, isilah dengan &Laporan Penjualan Mingguan, dan pada kolom Name, isilah dengan mnuLaporanPenjualanMingguan, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda, atau bisa juga dengan mengklik tombol Next pada kotak dialog Menu Editor ini.
11 - Menu Editor - mnuLaporanPenjualanMingguanKemudian, lagi pada kolom Caption, isilah dengan &Laporan Penjualan Bulanan, dan pada kolom Name, isilah dengan mnuLaporanPenjualanBulanan, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda, atau bisa juga dengan mengklik tombol Next pada kotak dialog Menu Editor ini.
Dan, karena kita akan membuat menu utama lagi (menu yang bukan submenu, maksudnya), maka kita harus mengembalikan posisi pointer menu kita ke posisi awal.
04b - Menu Editor - Right Arrow 06 - Menu Editor - Left Arrow
Jika sudah, pada kolom Caption, isilah dengan &Keluar, dan pada kolom Name, isilah dengan mnuKeluar, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda, atau bisa juga dengan mengklik tombol Next pada kotak dialog Menu Editor ini.
13 - Menu Editor - mnuKeluarSudah? Ya memang hanya itu menu yang akan kita buat, hehe. Tampilan untuk menu yang lengkap adalah sebagai berikut:
14 - Menu Editor - Lengkap
Selanjutnya tentu saja, Anda bisa mengklik tombol “OK” pada jendela Menu Editor ini. Dan setelah itu, kita akan dikembalikan pada layar utama dari IDE Visual Basic 6.0. ini. Terlihat di situ bahwa frmUtama sudah berisi menu.
15 - frmUtama Dengan MenuMenu-menu tersebut masih dalam kondisi kosong. Maksudnya, kita belum akan mentautkan atau menghubungkannya dengan form-form lain, karena form-form lain tersebut memang belum kita buat smile_teeth.
Langkah selanjutnya adalah… menyimpan dulu pekerjaan kita! Jadi, klik icon “Save Project” pada toolbar IDE Visual Basic 6.0. kita. Kemudian apa lagi? Selanjutnya, kita akan membuat form Data Master Barang, yang akan kita namai frmBarang. Tapi itu akan kita lakukan pada tutorial selanjutnya, yaitu Perancangan Form Data Master Barang.
 
Back to Top