Pembuatan Database sudah, sekarang waktunya perancangan form. Dulu, waktu pertama kali belajar (sampe sekarang juga masih sih

) bikin program pakai Visual Basic, bagian ini yang jadi favorit saya: perancangan form

. Langsung saja ya. Setelah kita sebelumnya kita membuat database dengan aplikasi VisData, dan menutup aplikasi tersebut,
maka kita akan dikembalikan pada layar IDE (Integrated Development Editor) Visual Basic 6.0.
Kita sudah punya satu form di situ, yaitu frmUtama. Sesuai dengan namanya, form ini akan kita jadikan sebagai form utama. Maksudnya, melalui form inilah, kita akan dapat memanggil form-form lainnya yang nanti akan kita buat. Sebagai awal, kita akan menempatkan satu set menu pada form ini. Untuk itu, klik icon ke tiga pada toolbox IDE Visual Basic. Icon apa itu? Jelas icon Menu Editor dong, hehe.

Nah, setelah Anda mengklik icon “
Menu Editor” tersebut, maka akan tampil kotak dialog Menu Editor (ya iyalah

).

Langsung ya. Pada kotak isian “
Caption:”, isilah dengan “
&Master”, lalu pada kotak isian “
Name:”, isi dengan “
mnuMaster”. Setelah itu, tekan tombol Enter, atau bisa juga mengklik tombol “Next” pada layar kotak dialog menu editor ini.

Setelah kotak isian “
Caption:” dan “
Name:” kosong kembali, klik-lah tombol panah kanan yang berada di bagian tengah kiri dari kotak dialog menu editor ini.
Setelah itu, terlihat adanya 4 (empat) titik pada menulist di bawah. Itu artinya, menu yang kita buat selanjutnya, akan menjadi submenu. Karena kita akan membuat menu Barang, maka itu artinya menu Barang tersebut akan menjadi submenu atau bagian dari menu Master. Jelas ya? Ok, langsung saja kalau begitu. Pada kolom
Caption, isilah dengan
&Barang, dan pada kolom
Name, isilah dengan
mnuBarang, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda, atau bisa juga dengan mengklik tombol
Next pada kotak dialog Menu Editor ini.

Selanjutnya, karena kita akan kembali membuat menu (bukan submenu) untuk
Transaksi, maka kita harus mengembalikan posisinya seperti semula dulu. Untuk itu, klik tombol panah kiri (
left-
arrow) pada kotak dialog Menu Editor ini.
Setelah itu, pada kolom
Caption, isilah dengan
&Transaksi, dan pada kolom
Name, isilah dengan
mnuTransaksi, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda, atau bisa juga dengan mengklik tombol
Next pada kotak dialog Menu Editor ini.

Setelah itu, karena kita akan membuat submenu Penjualan, maka klik lagi tombol panah kanan (
right-
arrow) pada jendela Menu Editor ini.
Sudah? Nah, pada kolom
Caption, isilah dengan
&Penjualan, dan pada kolom
Name, isilah dengan
mnuPenjualan, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda, atau bisa juga dengan mengklik tombol
Next pada kotak dialog Menu Editor ini.

Selanjutnya, lagi-lagi kita harus mengembalikan posisi menu ke semula, karena kita akan membuat menu, dan bukan submenu. Jadi, klik lagi tombol panah kiri (
left-arrow) pada jendela Menu Editor ini.
Kemudian pada kolom
Caption, isilah dengan
&Laporan, dan pada kolom
Name, isilah dengan
mnuLaporan, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda, atau bisa juga dengan mengklik tombol
Next pada kotak dialog Menu Editor ini.

Setelah itu, karena kita akan membuat submenu Laporan Penjualan Harian, Laporan Penjualan Mingguan dan Laporan Penjualan Bulanan, maka klik lagi tombol panah kanan (
right-
arrow) pada jendela Menu Editor ini.
Jika sudah, maka pada kolom
Caption, isilah dengan
&Laporan Penjualan Harian, dan pada kolom
Name, isilah dengan
mnuLaporanPenjualanHarian, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda, atau bisa juga dengan mengklik tombol
Next pada kotak dialog Menu Editor ini.

Selanjutnya, pada kolom
Caption, isilah dengan
&Laporan Penjualan Mingguan, dan pada kolom
Name, isilah dengan
mnuLaporanPenjualanMingguan, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda, atau bisa juga dengan mengklik tombol
Next pada kotak dialog Menu Editor ini.

Kemudian, lagi pada kolom
Caption, isilah dengan
&Laporan Penjualan Bulanan, dan pada kolom
Name, isilah dengan
mnuLaporanPenjualanBulanan, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda, atau bisa juga dengan mengklik tombol
Next pada kotak dialog Menu Editor ini.
Dan, karena kita akan membuat menu utama lagi (menu yang bukan submenu, maksudnya), maka kita harus mengembalikan posisi pointer menu kita ke posisi awal.
Jika sudah, pada kolom
Caption, isilah dengan
&Keluar, dan pada kolom
Name, isilah dengan
mnuKeluar, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda, atau bisa juga dengan mengklik tombol
Next pada kotak dialog Menu Editor ini.

Sudah? Ya memang hanya itu menu yang akan kita buat, hehe. Tampilan untuk menu yang lengkap adalah sebagai berikut:

Selanjutnya tentu saja, Anda bisa mengklik tombol “
OK” pada jendela
Menu Editor ini. Dan setelah itu, kita akan dikembalikan pada layar utama dari IDE Visual Basic 6.0. ini. Terlihat di situ bahwa frmUtama sudah berisi menu.

Menu-menu tersebut masih dalam kondisi kosong. Maksudnya, kita belum akan mentautkan atau menghubungkannya dengan form-form lain, karena form-form lain tersebut memang belum kita buat

.
Langkah selanjutnya adalah… menyimpan dulu pekerjaan kita! Jadi, klik icon “
Save Project” pada toolbar IDE Visual Basic 6.0. kita. Kemudian apa lagi? Selanjutnya, kita akan membuat form Data Master Barang, yang akan kita namai frmBarang. Tapi itu akan kita lakukan pada tutorial selanjutnya, yaitu
Perancangan Form Data Master Barang.